Beberapa Versi Pendapat dan Analisis Awal Kerajaan Tanah Bumbu Part 4

Beberapa Versi Pendapat dan Analisis Awal Kerajaan Tanah Bumbu Part 4


                    Namun tidak cukup rasional jika orang Lanun merompak kearah daratan di Pamukan, orang Lanun lebih senang merompak di lautan, tetapi tidak mustahil itu bisa saja terjadi. Untuk memberikan gambaran lain tentang Kaum Lanun bisa juga tersamarkan dengan Orang Bajau yang juga sudah ada di pesisir Kalimantan Tenggara yang sebagai besar mereka adalah perompak juga, seperti digambarkan M. Idwar Saleh (1958) dari arsip Nasional (TBG,p.224) menyebutkan, bahwa “Penduduk asli kerajaan Banjar ini yang tinggal dipantai ialah suku Bajau (Badjau). Diabad ke-17 hidup mereka dari pembajakan di laut dan baru di abad ke-19 setelah Belanda dapat mengatasi pembajakan laut mereka menjadi nelayan”.17
                    Dari kutipan diatas bisa saja terjadi, bahwa yang disebut Lanun (perompak, pembajak di laut) yang terbiasa dipakai dalam aktivitas dunia pelayaran samudera saat itu, apabila ada perompakan maka selalu disebut dilakukan oleh orang atau kaum Lanun, namun   sekalipun   orang   Bajau   dan bahkan  kemungkinan  orang Banjar yang melakukan perompakan juga disebut Lanun, padahal kedua asal-usul etnis berbeda, walaupun sama-sama dari Filipina bagian Selatan., tetapi umumnya kelompok perompak disebut kaum Lanun sekalipun merompak dilaut lainnya.
                   Suku Bajau adalah suku bangsa yang tanah asalnya kepulauan Sulu, Filipina Selatan. Suku ini merupakan suku nomaden  yang hidup di atas laut, sehingga disebut gipsi laut. Suku Bajau menggunakan bahasa Sama-Bajau. Suku Bajau sejak ratusan tahun yang lalu sudah menyebar ke negeri Sabah dan berbagai wilayah Indonesia. Suku Bajau juga merupakan anak negeri di Sabah. Suku-suku ada di Kalimantan diperkirakan bermigrasi dari arah utara (Filipina) sejak pada zaman prasejarah.
                    Suku Bajau yang Muslim ini merupakan gelombang terakhir migrasi dari arah utara Kalimantan yang memasuki pesisir Kalimantan Timur hingga Kalimantan Selatan dan menduduki pulau-pulau sekitarnya, lebih dahulu daripada kedatangan  suku - suku  Muslim dari rumpun Bugis yaitu suku   Bugis, suku Makassar, suku Mandar. Wilayah yang terdapat suku Bajau di Nusantara sesuai persebarannya terdapat di wilayah  antara lain : (1) Kalimantan Timur (Berau, Bontang, dan lain-lain) (2) Kalimantan Selatan (Kota Baru) disebut orang Bajau Rampa Kapis, (3) Sulawesi Selatan (Selayar), (4) Sulawesi Tenggara, (5) Nusa Tenggara Barat (6) Nusa Tenggara Timur (pulau Komodo), (7) Sapeken, Sumenep dan tempat lainnya.

No comments:

Post a Comment

Remedial Matematika Wajib Kelas x dan Matematika Peminatan Kelas XI

Untuk Kelas X (Berkelompok Max 4 Orang) *Buat Video Durasi Minimal 5 Menit berisi Nyanyian/Yel-yel Tentang Rumus Trigonometri: #A...