Masa Pra-Sejarah di Kalimantan Selatan dan Tanah Bumbu Part 6



Masa Pra-Sejarah di Kalimantan Selatan dan Tanah Bumbu 

              Semua makhluk hidup tidak dapat hidup tanpa air, dan inilah alasan utama mengapa manusia prasejarah  memilih lokasi tempat tinggal atau gua-gua hunian selalu berada di dekat sumber atau mata air. Gua-gua yang kering, luas, berudara segar dengan intensitas sinar yang cukup serta yang dekat dengan sumber air, merupakan pilihan manusia prasejarah sebagai tempat tinggal mereka bertahan hidup.
               Dengan ditemukannya 3 (tiga) buah gua hunian prasejarah di kawasan karst di Kecamatan Mentewe, Kabupaten Tanah Bumbu. Lokasi situs Mentewe ini tidak seperti situs Gua Babi dan Gua Tengkorak yang berada dalam satu gunung. Tetapi ketiga situs gua hunian itu terdapat pada gunung karst yang masing-masing berdiri sendiri dan terpisah jarak yang lumayan jauh. Hampir semua situs gua hunian prasejarah terdapat pada gugusan daerah pegunungan  atau perbukitan  karst  di jajaran Pegunungan Meratus.Tampaknya Pegunungan Meratus mempunyai kedudukan dan peran yang sangat penting dalam persebaran budaya prasejarah di wilayah Kalimantan Selatan.
          Penelitian Balai Arkeologi Banjarmasin semakin mengungkap budaya manusia pra-sejarah yang pernah tinggal di kawasan Tanah Bumbu, dimana berdasarkan laporan hasil penelitian di Gua Bangkai kecamatan Mentewe Kabupaten Tanah Bumbu yang dilaksanakan pada tahun 2010, menunjukkan beberapa temuan baru selain sebelumnya telah melakukan penelitian di Gua Sugung, Gua Payung ( nama lokal Gua Batu Tanjak) dan Gua Landung.
          Berdasarkan hasil penelitian tahun 2006 dan 2008, diketahui beberapa desa di wilayah kecamatan Mentewe yang mempunyai potensi karst yang sangat baik dan sangat layak untuk diteliti lebih lanjut.11 Balai Arkeologi Banjarmasin melihat potensi yang ada di Kecamatan Mentewe Kabupaten Tanah Bumbu, dimana Kecamatan Mantewe terbagi dalam 13 desa yang mempunyai potensi kawasan karst yang tersebar di desa Sidomulyo, Bulurejo, Mentewe, Sukadamai, Rejosari, Dukuhrejo dan Emil Baru.















No comments:

Post a Comment

Remedial Matematika Wajib Kelas x dan Matematika Peminatan Kelas XI

Untuk Kelas X (Berkelompok Max 4 Orang) *Buat Video Durasi Minimal 5 Menit berisi Nyanyian/Yel-yel Tentang Rumus Trigonometri: #A...