Masa Pra-Sejarah di Kalimantan Selatan dan Tanah Bumbu Part 4

Masa Pra-Sejarah di Kalimantan Selatan dan Tanah Bumbu 

Berikutnya terkait dengan temuan situs gua pra-sejarah di Kabupaten Tanah Bumbu Kalimantan Selatan Bambang Sugianto (2007)  menjelaskan :
                       
                 “Beberapa penelitian survei lain yang dilakukan di wilayah kabupaten lain di Kalimantan Selatan juga menunjukkan adanya indikasi yang kuat akan potensi situs-situs prasejarah, seperti di daerah pegunungan karst di Kabupaten Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Selatan, Tanah Bumbu, dan Tanah Laut. Di wilayah Kabupaten Tanah Bumbu, akhir tahun 2006 berhasil ditemukan 2 buah situs gua prasejarah, yaitu Gua Sugung dan Gua Landung, yang berada di sekitar Desa Mantewe (Km 42). Penemuan 2 situs prasejarah tersebut tampaknya membuka kemungkinan baru tentang kebenaran hipotesa bahwa persebaran manusia prasejarah di Kalimantan Selatan berasal dari arah selatan melalui pegunungan Meratus, yang pada masa yang lalu pernah berhubungan dengan pegunungan Rembang di Jawa. Berdasarkan hipotesa tersebut, beberapa catatan tentang adanya temuan artefak prasejarah di sekitar wilayah Kalimantan Selatan bagian Tenggara menjadi penting artinya dalam pembahasan tersebut. Persebaran temuan artefak prasejarah yang sekarang menjadi koleksi Museum Negeri Lambung Mangkurat Banjarbaru, dapat digunakan sebagai data untuk mengungkapkan kebenaran Hipotesa tersebut di atas”.9

            Dalam kehidupan prasejarah diawali pada permukiman terbuka yang dihuni oleh manusia pra-sejarah di sepanjang tepian sungai, danau atau laut, yang banyak menyediakan sumber bahan perlatan dan makanan. Dengan pola kehidupan berburu dan mengumpulkan makanan tingkat sederhana, manusia prasejarah pada saat itu harus  selalu bergerak berpindah tempat secara nomaden mengikuti perpindahan kelompok binatang buruan mereka, sehingga terbuka di tepian sungai, danau ataupun pantai merupakan lokasi yang sangat strategis bagi manusia pra-sejarah untuk melakukan kegiatan berburu hewan-hewan yang bisa dikonsumsi.
            Dalam melakukan pemilihan lokasi untuk bertempat tinggal itu atau tempat bertahan dalam kelompoknya haruslah didasari  oleh  kebutuhan  akan  sumber air dan sumber bahan batuan untuk pembuatan peralatan batu serta kebutuhan akan sumber makanan yang mencukupi untuk kelompok mereka.

No comments:

Post a Comment

Remedial Matematika Wajib Kelas x dan Matematika Peminatan Kelas XI

Untuk Kelas X (Berkelompok Max 4 Orang) *Buat Video Durasi Minimal 5 Menit berisi Nyanyian/Yel-yel Tentang Rumus Trigonometri: #A...