Masa Pra-Sejarah di Kalimantan Selatan dan Tanah Bumbu Part 3

Masa Pra-Sejarah di Kalimantan Selatan dan Tanah Bumbu 
                  

  Untuk teori kedua jika benar  migrasi gelombang kedua Berasal dari Dongson di Vietnam Utara bermigrasi ke Nusantara dikenal dengan Deutero Melayu atau Melayu Muda dan jadilah suku-suku atau orang Melayu, Menado, Sunda dan Jawa. Berarti nenek moyang suku bangsa ini berasal dari dataran Dongson Vietnam Utara. Menurut Von Hiene Geldren dalam N. Daldjoeni (1984), kebudayaan Dongson berpusat di Tongkin yang mutu barang-barang perunggu buatannya sudah tinggi, mereka telah maju  dalam bidang pelayaran (lebih maju dari pendahulunya). Petualangan mereka sebagai pelaut  dibantu oleh pengetahuan mereka mengenai perbintangan.
    
1.   Situs Gua Sugung, Gua Payung, dan Gua Landung
Di Mantewe

                  Perkembangan penelitian masa prasejarah di wilayah Kalimantan Selatan cukup mengalami kemajuan yang telah dilakukan Balai Arkeologi Banjarmasin, seperti penuturan Bambang Sugiyanto (2007) adalah sebagai berikut :

        “Beberapa alat (artefak) batu yang sekarang menjadi koleksi Museum Negeri Lambung Mangkurat di Banjarbaru merupakan bukti yang tidak dapat dibantah lagi mengenai kehidupan manusia prasejarah ribuan tahun yang lalu di wilayah Kalimantan Selatan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan balai Arkeologi Banjarmasin dari tahun 1995 sampai sekarang, memang belum banyak ditemukan situs-situs prasejarah di wilayah Kalimantan Selatan. Untuk sementara ini baru situs Gua Babi dan Gua Tengkorak yang berada di perbukitan karst Gunung Batubuli di sekitar Desa Randu, Kecamatan Muara Uya, Kabupaten Tabalong. Situs Gua Babi merupakan sebuah situs gua hunian prasejarah yang berasal dari periode budaya Mesolithik dan situs Gua Tengkorak merupakan sebuah situs gua penguburan pertama di wilayah Kalimantan Selatan yang menyimpan sisa-sisa penguburan manusia Australomelanesid.8

No comments:

Post a Comment

Remedial Matematika Wajib Kelas x dan Matematika Peminatan Kelas XI

Untuk Kelas X (Berkelompok Max 4 Orang) *Buat Video Durasi Minimal 5 Menit berisi Nyanyian/Yel-yel Tentang Rumus Trigonometri: #A...