SOAL ULANGAN AKHIR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016 MATA PELAJARAN : BAHASA INDONESIA KELAS / JURUSAN : XI (SEBELAS ) / IPA - IPS SMA/MA


PEMERINTAH KOTA BANJARMASIN
DINAS PENDIDIKAN

SMA NEGERI 6 BANJARMASIN

Jalan Belitung Darat No. 130 RT 29 Telp. 3353175 Banjarmasin
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                         







ULANGAN AKHIR  SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016

MATA PELAJARAN                            : BAHASA INDONESIA
KELAS / JURUSAN                             : XI (SEBELAS ) / IPA - IPS
HARI / TANGGAL                               : SABTU, 12 DESEMBER 2015
WAKTU                                                 : 90 MENIT

Petunjuk : Pilihlah Salah satu jawaban yang paling benar dan tepat dengan memberi tanda silang pada lembar jawaban an



1.      Bacalah Cerita di bawah ini

Angir Dari Gunung

“Anakku sudah dua”
“ Ya, Sudah dua. Kau tentu sayang pada mereka. Mereka juga tentunya. Dan kau tentu bahagia.”
                 Dia berhenti lah  ilalang yang ditiup angi bergelombang menuju kami. Lalu anginnya menerpa mukaku lagi. Dan aku merasa ketiadaan ku pula. Angin pergi.
                 “ Kau ingat, Har?”
“Apa? Kutanya dia dengan gaya suaranya
“Sembilan tahun yang lalu.”
“ Ya. Aku masih ingat. Tapi itu sudah lama lampaunya.”
“ Ya. Sudah lama. Aku tak pernah mau mengingatnya.
“Aku masih ingat, sekali kau menggemgam jariku erat sekali. Aku biarkan dia tergenggam. Dan dalam tekanan genggamanmu aku tahu aku mau bicara. Dan aku menunggunya. Tapi kau tak berkata apa – apa.
                 “Masa itu, masa kanak kanak kita,” kataku. Tapi cepat kemudian aku jadi menyesal telah mengatakannya.
                 “Mulanya aku suka menangis. Mengangisi segala yang sudah hilang. Tapi kini aku tak menangis lagi. Tak ada gunanya menangisi masa lampau, buat apa?”
Konflik yang terjadi dalam cerita tersebut disebabkan oleh..
a.         Muncul masa lalu ketika “aku”  dan “dia” bertemu
b.         Pertemuan kedua tokoh sudah 9 tahun yang lalu
c.         Tokoh “aku” menunggu “dia” mengatakan cinta
d.         Tokoh “aku” suka menangis
e.         Tokoh “aku” kehilangan segalanya


2.      Tanpa terasa aku jatuh tertidur dalam mimpi – mimpi masa lalu. Sesampainya di Surabaya, aku turun dengan gembira, tak sabar ingin melihat wajah bunda lagi. “Nadia”, sebuah suara yang sudah kukenal memanggil namaku, aku terkejut, sosoknya yang sekarang nyaris tidak kukenal. Tubuh kurus dan matanya cakung seperti kurang tidur

3.      Prabawati beberapa tinggal bersedih karena kepergian suaminya untuk mencari nafkah. Tetapi sahabat sahabatnya membujuknya dengan menyuruhnya mencari seorang kekasih. Prabawati menetapkan untuk mencoba berbuat demikian lalu berhiaslah ia. Burung bayan betina mencoba mencegah perbuatan itu dengan memperlihatkan betapa salahnya kelakuan demikian dan dengan menempelkannya. Tetapi, hasilnya ia hampir dipatahkan lehernya oleh Prabawati. Untunglah ia dapat menghindarkannya. Pesan moral yang tersirat dari penggalan cerita di atas adalah ….
a.         Sayangilah binatang piaraan anda
b.         Jangan turuti bujukan yang menyesatkan
c.         Jangan menyakiti pihak yang mau memperingatkan kesalahan kita
d.         Jadilah seorang suami yang mau bekerja keras
e.         Bersabarlah dengan siapa pun
4.      Berikut yang bukan termasuk ciri – ciri cerpen yaitu….
a.         Saat membaca cerpen tidak menghabiskan waktu lebih satu jam
b.         Jumlah kata berkisar 5.000 hingga 10.000 kata
c.         Konflik tunggal, permasalahan juga Satu
d.         Waktu membaca membutuhkan waktu yang banyak
e.         Penokohan berupa watak tokoh – tokoh tidak detail

5.      Nilai – Nilai atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca dari sebuah teks disebut ….
a.         Abstrak                          c. Orientasi           e. Komplikasi
b.         Resolusi                        d. Koda

6.      Bahasa indah yang digunakan untuk meningkatkan efek dengan jalan memperkenalkan serta membandingkan suatu benda atau hal tertentu dengan benda atau hal lain yang lebih umum disebut…..
a.         Konotasi                        d. Denotasi          
b.         Gaya bahasa                               e. Imajinatif
c.         Puitis

7.      Alur yang mengisahkan rangkaian peristiwa secara kronologis disebut …..
a.         Progresif        c. flashback           e. Campuran
b.         Regresif         d. Sorot balik

8.      Bagian yang berisi urutan kejadian, tetapi setiap kejadian itu hanya dihubungkan secara sebab akibat disebut ….
a.         Abstrak          c. komplikasi         e. resolusi
b.         Orientasi       d. koda

9.      Unsur intrinsik yang digunakan pengarang untuk menghidupkan cerita dan meyakinkan pembaca disebut …
a.         Amanat          c. tema                   e. alur
b.         Latar               d. sudut pandang



10.  Bagian yang berisi ringkasan atau inti cerita dalam struktur teks cerpen disebut ….
a.         Abstrak
b.         Klimaks
c.         Komplikasi
d.         Resolusi
e.         Koda

11.  Tahapan orientasi yang merupakan struktur berisi pengenalan latar cerita berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerpen disebut ….
a.         Abstrak
b.         Orientasi
c.         Komplikasi
d.         Resolusi
e.         Koda

12.  Nilai nilai atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca Dari sebuah teks disebut …..
a.         Abstrak
b.         Orientasi
c.         Komplikasi
d.         Resolusi
e.         Koda

13.  Alur sorot balik adalah ….
a.         Pengarang bercerita dari masa lalu ke masa sekarang
b.         Pengarang bersikap acuh
c.         Pengarang bercerita di masa sekarang
d.         Pengarang bercerita di masa lalu saja
e.         Pengarang bingung dalam bercerita

14.  Agaknya budaya modern yang memusingkan otak seorang guru desa seperti saya sudah demikian berakarnya di hati anak anak muda kita. Rasa kagetku berubah jadi takjub, bingung dan takut.
Aku begitu ketakutan sampai tidak bisa mengatakan sepatah kata pun.
Pendeskripsian watak “aku” berdasarkan kutipan cerpen tersebut melalui ….
a.         Gambaran fisik tokoh
b.         Ucapan tokoh lain
c.         Tindakan tokoh
d.         Dialog antar tokoh
e.         Uraian pengarang

Teks berikut untu menjawab nomor 15 dan 16

Tatkala aku masuk sekolah Mulo, demikian fasih lidahku dalam bahasa Belanda sehingga orang yang hanya mendengarkan berbicara dan tidak melihat aku, mengira aku anak Belanda. Aku pun bertambah lama bertambah percaya pula bahwa aku anak Belanda, sungguh hari – hari ini makin ditebalkan pula oleh tingkah laku orang tuaku yang berupaya sepenuh daya menyesuaikan diri dengan langgam lenggok orang Belanda.
“Kenang – Kenangan” oleh Abdul Gani A.K

15.  Watak tokoh “aku” dalam penggalan cerita tersebut adalah
a.         Percaya diri
b.         Mudah menyesuaikan diri
c.         Sombong
d.         Rajin berusaha
e.         Mudah dipengaruhi



16.  Amanat dalam penggalan cerpen tersebut adalah ….
a.         Jangan cepat menyerah pada keadaan bagaimanapun jua
b.         Jangan membuang waktu selagi masih ada waktu
c.         Sebaiknya kita menyesuaikan diri dengan keadaan
d.         Jangan lupa diri bila menguasai bahasa orang
e.         Jangan mudah dipengaruhi orang lain

17.  Nilai dalam karya sastra yang berkaitan dengan akhlak dan budi pekerti baik dan buruk, disebut ….
a.         Nilai agama
b.         Nilai pendidikan
c.         Nilai moral
d.         Nilai sosial
e.         Nilai budaya

18.  Unsur intrinsik yang digunakan pengarang untuk menghidupkan cerita dan meyakinkan pembaca disebut …
a.         Amanat
b.         Latar
c.         Tema
d.         Alur
e.         Sudut pandang

19.  Kembali kukenang lagu masa kanak – kanaku yang selalu kami nyanyikan manakala kami berkumpul atau membantu ibu – ibu kami mengumpulkan klaras: pring reketeg gunung gamping jebol ….
Yang jujur saja tak kuketahui maknanya, selengkapnya pun aku sudah tak ingat lagi. Tetapi semua peristiwa yang terjadi di desaku, mendekam, membantu dalam sudut kenanganku.
Nilai yang terkandung dalam penggalan cerpen di atas adalah …
a.         Nilai moral    c. nilai etika           e. nilai sosial
b.         Nilai religi      d. nilai estetika

Teks berikut untuk menjawab soal no. 20 dan 21

Misha singkap kembali tabir ingatannya. Sharon, manis nama itu, semanis orangnya. Dialah kawan karib Misha yang selalu diingatnya. Sudah enam tahun mereka mengenal antara satu sama lain. Kegembiraan dan kepahitan hidup di alami remaja mereka lalui bersama. Namun, semua itu hanya tinggal kenangan saja. Misha kehilangan seoang sahabat yang tidak ada kalang gantinya.
Peristiwa itu berlaku dua tahun yang lalu. Swaktu itu mereka sedang berada di kantin sekolah. Misha sedang  marah kepada bSharon karena mengambil pena kesukaannya tanpa dan menghilangkannya.

20.  Alur cerpen di atas adalah ….
a.         Alur maju
b.         Alur mundur
c.         Alur campuran
d.         Alur biasa
e.         Alur longgar

21.  Tema yang diangkat dalam kutipan cerpen pada cerpen di atas adalah ….
a.         Persahabatan              d. kasih sayang
b.         Keluarga                       e. ketulusan hati
c.         Cinta



22.  Berikut ini adalah unsur intrinsik dalam karya sastra, kecuali ….
a.         Sudut pandang pengarang
b.         Agama seorang pengarang
c.         Penokohan
d.         Alur cerita
e.         Waktu peristiwa atau lingkungan peristiwa tersebut

23.  Bagian yang berisi ringkasan atau inti cerita dalam struktur teks cerpen disebut ….
a.         Abstrak
b.         Klimaks
c.         Komplikasi
d.         Resolusi
e.         Koda

24.  Tahapan orientasi yang merupakan struktur berisi pengenalan latar cerita berkaitan dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerpen disebut …
a.         Abstrak
b.         Orientasi
c.         Komplikasi
d.         Resolusi
e.         Koda

25.  Unsur intrinsik yang digunakan pengarang untuk menghidupkan cerita dan meyakinkan pembaca disebut
a.         Amanat
b.         Latar
c.         Tema
d.         Alur
e.         Sudut pandang

26.  Bagian yang berisi urutan kejadian, tetapi setiap kejadian itu hanya dihubungkan secara sebab akibat disebut ….
a.         Abstrak
b.         Orientasi
c.         Komplikasi
d.         Resolusi
e.         Koda

27.  Bentuk puisi lama yang tiap baitnya terdiri atas empat larik disebut ….
a.         Pantun
b.         Syair
c.         Puisi
d.         Gurindam
e.         Talibun

28.  Pinggir retak
Nasi tak dingin
Tuan tak hendak
Kami tak ingin
Untaian puisi diatas dikategorikan….
a.         Pantun biasa
b.         Pantun berkait
c.         Talibun
d.         Karmina
e.         Syair

29.  Teks pantun terdiri atas dua bagian, yaitu …
a.         Sampiran dan sampiran
b.         Isi dan isi
c.         Sampiran dan isi
d.         Masehat dan isi
e.         Sampiran dan nasehat

30.  Pantun bersajak ….
a.         a – a – a – a
b.         b – b – b – b
c.         a – b – a – b
d.         a – a – b – b
e.         a – b – b – a

31.  Dilihat dari segi strukturnya, pantun dibangun atas unsur sebagai berikut, kecuali …
a.         Bait
b.         Larik (baris)
c.         Rima
d.         Sampiran
e.         Nada

32.  Pantun yang sangat singkat, yaitu baitnya hanya terdiri atas dua larik disebut …..
a.         Talibun
b.         Gurindam
c.         Syair
d.         Karmina
e.         Pantun berkait

33.  Kalau anak pergi ke pekan,
Yu beli belanak beli,
Ikan panjang beli dahulu

Kalau anak pergi berjalan
Ibu cari sanak pun cari,
Induk semang cari dahulu
Larik di atas biasa disebut ….
a.         Pantun                           d. talibun
b.         Karmina                         e. syair
c.         Mantra

34.  Baris pertama dalam gurindam berisi….
a.         Soal atau masalah
b.         Sampiran
c.         Jawaban
d.         Isi
e.         Perjanjian

35.  Cermatilah cerpen berikut!
Biaya hidup sekarang jauh lebih banyak. Sekarang semua orang perlu membeli bensin untuk sepeda motor dan mobil …paling mereka bersepeda. Dan, kita kemana – mana jalan kaki, bukan? Sekarang mereka berlomba – lomba ingin mendapatkan televise berawarna dan membeli lemari es
Kalimat bermajas metonimia yang tepat untuk melengkapi cerpen tersebut adalah ….
a.         Mereka banyak yang mengendarai sepeda motor
b.         Hanya beberapa orang yang berjalan kaki
c.         Besok mereka akan pergi ke luar kota
d.         Dulu di desa ini tidak ada yang memakai Honda
e.         Orang di desa jarang sekali pergi menggunakan mobil

36.  Puisi lama (melayu) yang terdiri atas dua baris dalam satu bait dengan irama akhir yang sama, merupakan satu kesatuan yang utuh disebut ….
a.         Pantun           c. karmina             e. syair
b.         talibun            d. gurindam





37.  Baris pertama dalam gurindam berisi …
a.         Soal atau masalah
b.         Sampiran
c.         Jawaban
d.         Isi
e.         Perjanjian

38.  Karya sastra yang sangat memperhatikan diksi dalam rima adalah …
a.         Pantun           c. puisi                   e. talibun
b.         Syair               d. gurindam

39.  Karya sastra yang sangat memperhatikan diksi dan rima adalah ….
a.         Pantun           c. puisi                   e. talibun
b.         Syair               d. gurindam


40.  Setelah orientasi, bagian berikutnya dalam teks ulang biografi adalah …
a.         Orientasi
b.         Reorientasi
c.         Penutup
d.         Urutan peristiwa
e.         Tema

41.  Teks struktur ulang biografi yang diawali dengan memberi pengenalan tokoh secara umum, seperti nama, tempat dan tanggal lahir, latar belakang keluarga, serta riwayat pendidikan tokoh yang diangkat disebut ….
a.         Orientasi
b.         Reorientasi
c.         Penutup
d.         Urutan peristiwa
e.         Alur

42.  Pepih Nugraha pernah berkata dalam bukunya, Menulis sosok, bahwa setelah berhasil mengumpulkan informasi dasar tentang tokoh yang akan dituangkan ke dalam teks cerita ulang biografi, tugas penulis teks selanjutnya adalah
a.         Menggali pengalaman hidup sang tokoh
b.         Menjelaskan riwayat pendidikan sang tokoh
c.         Menuliskan alamat sang tokoh
d.         Menggambarkan cita – cita sang tokoh
e.         Menceritakan kapan sang tokoh lahir

43.  Riwayat hidup seseorang yang diceritakan orang lain disebut ….
a.         Autobiografi
b.         Biografi
c.         Autobiografi
d.         Teks ulang
e.         Cerita pengalaman

44.  Hal – hal unik dalam kehidupan tokoh sangat penting dimunculkan dalam teks cerita ulang biografi. Apabila dituangkan ke dalam teks, catatan pengalaman akan menjadi bagian ….
a.         Urutan peristiwa
b.         Orientasi
c.         Reorientasi
d.         Tema
e.         Latar

45.  “Mohammad – San inilah rumahku. “ Toshihiko berata ketika kami sampai di depan sebuah rumah kayu yang sederhana. Lalu berteriak, “Ibu! Ibu! Inilah tamu yang kita tunggu. Lihatlah, seorang Indonesia yang tersesat di kebun anggur Katsunuma. Bukankah suatu kehormatan bagi kita?”
Potret seorang prajurit, Mohammad Diponegoro
Watak Toshihiko dalam kutipan cerpen tersebut adalah …
a.         Ramah, baik, ceria da menyenangkan
b.         Bahagia, senang, ceria, dan menyenangkan
c.         Teguh, kuat, baik, peduli, dan menyenangkan
d.         Teguh, tabah, ramah, cerewet, dan peduli
e.         Periang, pemalu, pemalas, dan cerewet

46.  Bagian yang merupakan tahapan bersifat pilihan, artinya boleh saja bagian ini tidak disajikan oleh penulis teks cerita ulang biografi disebut ….
a.         Orientasi
b.         Reorientasi
c.         Urutan peristiwa 1
d.         Tema
e.         Urutan pristiwa 2

47.  Dalam menulis teks cerita ulang biografi, hal – hal dasar seperti nama, tempat, dan tanggal lahir menjadi ….
a.         Informasi dasar
b.         Informasi faktual
c.         Fakta
d.         Data utama
e.         Informasi sementara

48.  Bagian akhir teks ditutup dengan …., yang berisikan pandangan penulis terhadap tokoh.
a.         Orientasi
b.         Reorientasi
c.         Urutan peristiwa 1
d.         Urutan peristiwa 2
e.         Urutan peristiwa 3

49.  “Aku tidak percaya! Aku tidak percaya, jika hanya oleh melompat lompat dan berkejaran semalaman penuh. Aku tidak percaya itu. Aku mulai percaya desas desus itu bahwa kau orang yang tamak. Orang yang kikir. Penghisap. Lintah darat. Inilah ganjarannya! Al mulai percaya desas desus itu, tentang dukun – dukun yang mengilui luka sunatan anak – anak kita. Aku mulai yakin itu keren kesombonganmu, kekikiranmu, angkuhmu, dan aku tak mau tahu dengan mereka. Aku yakin, mereka menaruh racun di pisau duku – duku itu.
Pendeskripsian watak tokoh “aku” yang digunakan pengarang  dalam kutipan cerpen di atas ….
a.         Menguraikan watak tokoh
b.         Tanggapan tokoh lain
c.         Dialog antar tokoh
d.         Melalui pikiran tokoh
e.         Lingkungan sekitar tokoh

50.  Alat kohesi yang baik karena dapat menghindari pengulangan kata yang sama terus menerus disebut ….
a.         Kata dasar
b.         Kata ulang
c.         Konjungsi
d.         Kata depan
e.         Pengacuan







No comments:

Post a Comment

Remedial Matematika Wajib Kelas x dan Matematika Peminatan Kelas XI

Untuk Kelas X (Berkelompok Max 4 Orang) *Buat Video Durasi Minimal 5 Menit berisi Nyanyian/Yel-yel Tentang Rumus Trigonometri: #A...