PEMERINTAH
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 6
Jalan
Belitung Darat No. 130 RT 29 Telp. 3353175
|
ULANGAN AKHIR SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016
MATA PELAJARAN :
BAHASA INDONESIA
KELAS / JURUSAN :
XI (SEBELAS ) / IPA - IPS
HARI / TANGGAL :
SABTU, 12 DESEMBER 2015
WAKTU :
90 MENIT
Petunjuk : Pilihlah Salah satu jawaban yang paling
benar dan tepat dengan memberi tanda silang pada lembar jawaban an
1.
Bacalah
Cerita di bawah ini
Angir Dari Gunung
“Anakku sudah dua”
“ Ya, Sudah dua. Kau tentu sayang pada mereka. Mereka juga tentunya. Dan
kau tentu bahagia.”
Dia berhenti
lah ilalang yang ditiup angi bergelombang
menuju kami. Lalu anginnya menerpa mukaku lagi. Dan aku merasa ketiadaan ku
pula. Angin pergi.
“ Kau ingat, Har?”
“Apa? Kutanya dia dengan gaya suaranya
“Sembilan tahun yang lalu.”
“ Ya. Aku masih ingat. Tapi itu sudah lama lampaunya.”
“ Ya. Sudah lama. Aku tak pernah mau mengingatnya.
“Aku masih ingat, sekali kau menggemgam jariku erat sekali. Aku biarkan
dia tergenggam. Dan dalam tekanan genggamanmu aku tahu aku mau bicara. Dan aku
menunggunya. Tapi kau tak berkata apa – apa.
“Masa itu, masa kanak
kanak kita,” kataku. Tapi cepat kemudian aku jadi menyesal telah mengatakannya.
“Mulanya aku suka
menangis. Mengangisi segala yang sudah hilang. Tapi kini aku tak menangis lagi.
Tak ada gunanya menangisi masa lampau, buat apa?”
Konflik yang terjadi dalam cerita tersebut disebabkan oleh..
a.
Muncul masa
lalu ketika “aku” dan “dia” bertemu
b.
Pertemuan
kedua tokoh sudah 9 tahun yang lalu
c.
Tokoh “aku”
menunggu “dia” mengatakan cinta
d.
Tokoh “aku”
suka menangis
e.
Tokoh “aku”
kehilangan segalanya
2.
Tanpa
terasa aku jatuh tertidur dalam mimpi – mimpi masa lalu. Sesampainya di
Surabaya, aku turun dengan gembira, tak sabar ingin melihat wajah bunda lagi.
“Nadia”, sebuah suara yang sudah kukenal memanggil namaku, aku terkejut,
sosoknya yang sekarang nyaris tidak kukenal. Tubuh kurus dan matanya cakung
seperti kurang tidur
3.
Prabawati
beberapa tinggal bersedih karena kepergian suaminya untuk mencari nafkah.
Tetapi sahabat sahabatnya membujuknya dengan menyuruhnya mencari seorang
kekasih. Prabawati menetapkan untuk mencoba berbuat demikian lalu berhiaslah
ia. Burung bayan betina mencoba mencegah perbuatan itu dengan memperlihatkan
betapa salahnya kelakuan demikian dan dengan menempelkannya. Tetapi, hasilnya
ia hampir dipatahkan lehernya oleh Prabawati. Untunglah ia dapat menghindarkannya.
Pesan moral yang tersirat dari penggalan cerita di atas adalah ….
a.
Sayangilah binatang piaraan anda
b.
Jangan turuti bujukan yang menyesatkan
c.
Jangan menyakiti pihak yang mau memperingatkan
kesalahan kita
d.
Jadilah seorang suami yang mau bekerja keras
e.
Bersabarlah dengan siapa pun
4.
Berikut
yang bukan termasuk ciri – ciri cerpen yaitu….
a.
Saat
membaca cerpen tidak menghabiskan waktu lebih satu jam
b.
Jumlah kata
berkisar 5.000 hingga 10.000 kata
c.
Konflik
tunggal, permasalahan juga Satu
d.
Waktu
membaca membutuhkan waktu yang banyak
e.
Penokohan
berupa watak tokoh – tokoh tidak detail
5.
Nilai –
Nilai atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca dari sebuah teks disebut
….
a.
Abstrak c. Orientasi e. Komplikasi
b.
Resolusi d. Koda
6.
Bahasa
indah yang digunakan untuk meningkatkan efek dengan jalan memperkenalkan serta
membandingkan suatu benda atau hal tertentu dengan benda atau hal lain yang
lebih umum disebut…..
a.
Konotasi d. Denotasi
b.
Gaya bahasa e. Imajinatif
c.
Puitis
7.
Alur yang
mengisahkan rangkaian peristiwa secara kronologis disebut …..
a.
Progresif c. flashback e. Campuran
b.
Regresif d. Sorot balik
8.
Bagian yang
berisi urutan kejadian, tetapi setiap kejadian itu hanya dihubungkan secara
sebab akibat disebut ….
a.
Abstrak c. komplikasi e. resolusi
b.
Orientasi d. koda
9.
Unsur
intrinsik yang digunakan pengarang untuk menghidupkan cerita dan meyakinkan
pembaca disebut …
a.
Amanat c. tema e. alur
b.
Latar d. sudut pandang
10.
Bagian yang
berisi ringkasan atau inti cerita dalam struktur teks cerpen disebut ….
a.
Abstrak
b.
Klimaks
c.
Komplikasi
d.
Resolusi
e.
Koda
11.
Tahapan
orientasi yang merupakan struktur berisi pengenalan latar cerita berkaitan
dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerpen disebut ….
a.
Abstrak
b.
Orientasi
c.
Komplikasi
d.
Resolusi
e.
Koda
12.
Nilai nilai
atau pelajaran yang dapat dipetik oleh pembaca Dari sebuah teks disebut …..
a.
Abstrak
b.
Orientasi
c.
Komplikasi
d.
Resolusi
e.
Koda
13.
Alur sorot
balik adalah ….
a.
Pengarang
bercerita dari masa lalu ke masa sekarang
b.
Pengarang
bersikap acuh
c.
Pengarang
bercerita di masa sekarang
d.
Pengarang
bercerita di masa lalu saja
e.
Pengarang
bingung dalam bercerita
14.
Agaknya
budaya modern yang memusingkan otak seorang guru desa seperti saya sudah
demikian berakarnya di hati anak anak muda kita. Rasa kagetku berubah jadi
takjub, bingung dan takut.
Aku begitu ketakutan sampai tidak bisa mengatakan sepatah kata pun.
Pendeskripsian watak “aku” berdasarkan kutipan cerpen tersebut melalui
….
a.
Gambaran
fisik tokoh
b.
Ucapan
tokoh lain
c.
Tindakan
tokoh
d.
Dialog
antar tokoh
e.
Uraian
pengarang
Teks berikut untu menjawab nomor 15 dan 16
Tatkala aku masuk sekolah Mulo,
demikian fasih lidahku dalam bahasa Belanda sehingga orang yang hanya
mendengarkan berbicara dan tidak melihat aku, mengira aku anak Belanda. Aku pun
bertambah lama bertambah percaya pula bahwa aku anak Belanda, sungguh hari –
hari ini makin ditebalkan pula oleh tingkah laku orang tuaku yang berupaya
sepenuh daya menyesuaikan diri dengan langgam lenggok orang Belanda.
“Kenang – Kenangan” oleh Abdul
Gani A.K
15.
Watak tokoh
“aku” dalam penggalan cerita tersebut adalah
a.
Percaya
diri
b.
Mudah
menyesuaikan diri
c.
Sombong
d.
Rajin
berusaha
e.
Mudah
dipengaruhi
16.
Amanat
dalam penggalan cerpen tersebut adalah ….
a.
Jangan
cepat menyerah pada keadaan bagaimanapun jua
b.
Jangan
membuang waktu selagi masih ada waktu
c.
Sebaiknya
kita menyesuaikan diri dengan keadaan
d.
Jangan lupa
diri bila menguasai bahasa orang
e.
Jangan
mudah dipengaruhi orang lain
17.
Nilai dalam
karya sastra yang berkaitan dengan akhlak dan budi pekerti baik dan buruk,
disebut ….
a.
Nilai agama
b.
Nilai
pendidikan
c.
Nilai moral
d.
Nilai sosial
e.
Nilai
budaya
18.
Unsur
intrinsik yang digunakan pengarang untuk menghidupkan cerita dan meyakinkan
pembaca disebut …
a.
Amanat
b.
Latar
c.
Tema
d.
Alur
e.
Sudut
pandang
19.
Kembali
kukenang lagu masa kanak – kanaku yang selalu kami nyanyikan manakala kami
berkumpul atau membantu ibu – ibu kami mengumpulkan klaras: pring reketeg
gunung gamping jebol ….
Yang jujur saja tak kuketahui maknanya, selengkapnya pun aku sudah tak
ingat lagi. Tetapi semua peristiwa yang terjadi di desaku, mendekam, membantu
dalam sudut kenanganku.
Nilai yang terkandung dalam penggalan cerpen di atas adalah …
a.
Nilai moral c. nilai etika e. nilai sosial
b.
Nilai
religi d. nilai estetika
Teks berikut untuk menjawab soal no. 20 dan 21
Misha singkap kembali tabir ingatannya. Sharon,
manis nama itu, semanis orangnya. Dialah kawan karib Misha yang selalu
diingatnya. Sudah enam tahun mereka mengenal antara satu sama lain. Kegembiraan
dan kepahitan hidup di alami remaja mereka lalui bersama. Namun, semua itu
hanya tinggal kenangan saja. Misha kehilangan seoang sahabat yang tidak ada
kalang gantinya.
Peristiwa itu berlaku dua tahun yang lalu. Swaktu
itu mereka sedang berada di kantin sekolah. Misha sedang marah kepada bSharon karena mengambil pena
kesukaannya tanpa dan menghilangkannya.
20.
Alur cerpen
di atas adalah ….
a.
Alur maju
b.
Alur mundur
c.
Alur
campuran
d.
Alur biasa
e.
Alur
longgar
21.
Tema yang
diangkat dalam kutipan cerpen pada cerpen di atas adalah ….
a.
Persahabatan d. kasih sayang
b.
Keluarga e. ketulusan hati
c.
Cinta
22.
Berikut ini
adalah unsur intrinsik dalam karya sastra, kecuali ….
a.
Sudut
pandang pengarang
b.
Agama
seorang pengarang
c.
Penokohan
d.
Alur cerita
e.
Waktu
peristiwa atau lingkungan peristiwa tersebut
23.
Bagian yang
berisi ringkasan atau inti cerita dalam struktur teks cerpen disebut ….
a.
Abstrak
b.
Klimaks
c.
Komplikasi
d.
Resolusi
e.
Koda
24.
Tahapan
orientasi yang merupakan struktur berisi pengenalan latar cerita berkaitan
dengan waktu, ruang, dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerpen disebut …
a.
Abstrak
b.
Orientasi
c.
Komplikasi
d.
Resolusi
e.
Koda
25.
Unsur
intrinsik yang digunakan pengarang untuk menghidupkan cerita dan meyakinkan
pembaca disebut
a.
Amanat
b.
Latar
c.
Tema
d.
Alur
e.
Sudut
pandang
26.
Bagian yang
berisi urutan kejadian, tetapi setiap kejadian itu hanya dihubungkan secara
sebab akibat disebut ….
a.
Abstrak
b.
Orientasi
c.
Komplikasi
d.
Resolusi
e.
Koda
27.
Bentuk
puisi lama yang tiap baitnya terdiri atas empat larik disebut ….
a.
Pantun
b.
Syair
c.
Puisi
d.
Gurindam
e.
Talibun
28.
Pinggir
retak
Nasi tak dingin
Tuan tak hendak
Kami tak ingin
Untaian puisi diatas dikategorikan….
a.
Pantun
biasa
b.
Pantun
berkait
c.
Talibun
d.
Karmina
e.
Syair
29.
Teks pantun
terdiri atas dua bagian, yaitu …
a.
Sampiran
dan sampiran
b.
Isi dan isi
c.
Sampiran
dan isi
d.
Masehat dan
isi
e.
Sampiran
dan nasehat
30.
Pantun
bersajak ….
a.
a – a – a –
a
b.
b – b – b –
b
c.
a – b – a –
b
d.
a – a – b –
b
e.
a – b – b –
a
31.
Dilihat
dari segi strukturnya, pantun dibangun atas unsur sebagai berikut, kecuali …
a.
Bait
b.
Larik
(baris)
c.
Rima
d.
Sampiran
e.
Nada
32.
Pantun yang
sangat singkat, yaitu baitnya hanya terdiri atas dua larik disebut …..
a.
Talibun
b.
Gurindam
c.
Syair
d.
Karmina
e.
Pantun
berkait
33.
Kalau anak
pergi ke pekan,
Yu beli belanak beli,
Ikan panjang beli dahulu
Kalau anak pergi berjalan
Ibu cari sanak pun cari,
Induk semang cari dahulu
Larik di atas biasa disebut ….
a.
Pantun d. talibun
b.
Karmina e. syair
c.
Mantra
34.
Baris pertama
dalam gurindam berisi….
a.
Soal atau
masalah
b.
Sampiran
c.
Jawaban
d.
Isi
e.
Perjanjian
35.
Cermatilah
cerpen berikut!
Biaya hidup sekarang jauh lebih banyak. Sekarang semua orang perlu
membeli bensin untuk sepeda motor dan mobil …paling mereka bersepeda. Dan, kita
kemana – mana jalan kaki, bukan? Sekarang mereka berlomba – lomba ingin
mendapatkan televise berawarna dan membeli lemari es
Kalimat bermajas metonimia yang tepat untuk melengkapi cerpen tersebut
adalah ….
a.
Mereka
banyak yang mengendarai sepeda motor
b.
Hanya
beberapa orang yang berjalan kaki
c.
Besok
mereka akan pergi ke luar kota
d.
Dulu di
desa ini tidak ada yang memakai Honda
e.
Orang di
desa jarang sekali pergi menggunakan mobil
36.
Puisi lama
(melayu) yang terdiri atas dua baris dalam satu bait dengan irama akhir yang
sama, merupakan satu kesatuan yang utuh disebut ….
a.
Pantun c. karmina e. syair
b.
talibun d. gurindam
37.
Baris
pertama dalam gurindam berisi …
a.
Soal atau
masalah
b.
Sampiran
c.
Jawaban
d.
Isi
e.
Perjanjian
38.
Karya
sastra yang sangat memperhatikan diksi dalam rima adalah …
a.
Pantun c. puisi e. talibun
b.
Syair d. gurindam
39.
Karya sastra
yang sangat memperhatikan diksi dan rima adalah ….
a.
Pantun c. puisi e. talibun
b.
Syair d. gurindam
40.
Setelah
orientasi, bagian berikutnya dalam teks ulang biografi adalah …
a.
Orientasi
b.
Reorientasi
c.
Penutup
d.
Urutan
peristiwa
e.
Tema
41.
Teks
struktur ulang biografi yang diawali dengan memberi pengenalan tokoh secara
umum, seperti nama, tempat dan tanggal lahir, latar belakang keluarga, serta
riwayat pendidikan tokoh yang diangkat disebut ….
a.
Orientasi
b.
Reorientasi
c.
Penutup
d.
Urutan
peristiwa
e.
Alur
42.
Pepih
Nugraha pernah berkata dalam bukunya, Menulis sosok, bahwa setelah berhasil
mengumpulkan informasi dasar tentang tokoh yang akan dituangkan ke dalam teks
cerita ulang biografi, tugas penulis teks selanjutnya adalah
a.
Menggali
pengalaman hidup sang tokoh
b.
Menjelaskan
riwayat pendidikan sang tokoh
c.
Menuliskan
alamat sang tokoh
d.
Menggambarkan
cita – cita sang tokoh
e.
Menceritakan
kapan sang tokoh lahir
43.
Riwayat
hidup seseorang yang diceritakan orang lain disebut ….
a.
Autobiografi
b.
Biografi
c.
Autobiografi
d.
Teks ulang
e.
Cerita
pengalaman
44.
Hal – hal
unik dalam kehidupan tokoh sangat penting dimunculkan dalam teks cerita ulang
biografi. Apabila dituangkan ke dalam teks, catatan pengalaman akan menjadi
bagian ….
a.
Urutan peristiwa
b.
Orientasi
c.
Reorientasi
d.
Tema
e.
Latar
45.
“Mohammad –
San inilah rumahku. “ Toshihiko berata ketika kami sampai di depan sebuah rumah
kayu yang sederhana. Lalu berteriak, “Ibu! Ibu! Inilah tamu yang kita tunggu.
Lihatlah, seorang Indonesia yang tersesat di kebun anggur Katsunuma. Bukankah
suatu kehormatan bagi kita?”
Potret seorang prajurit, Mohammad Diponegoro
Watak Toshihiko dalam kutipan cerpen tersebut adalah …
a.
Ramah,
baik, ceria da menyenangkan
b.
Bahagia,
senang, ceria, dan menyenangkan
c.
Teguh,
kuat, baik, peduli, dan menyenangkan
d.
Teguh,
tabah, ramah, cerewet, dan peduli
e.
Periang,
pemalu, pemalas, dan cerewet
46.
Bagian yang
merupakan tahapan bersifat pilihan, artinya boleh saja bagian ini tidak
disajikan oleh penulis teks cerita ulang biografi disebut ….
a.
Orientasi
b.
Reorientasi
c.
Urutan
peristiwa 1
d.
Tema
e.
Urutan
pristiwa 2
47.
Dalam
menulis teks cerita ulang biografi, hal – hal dasar seperti nama, tempat, dan
tanggal lahir menjadi ….
a.
Informasi
dasar
b.
Informasi
faktual
c.
Fakta
d.
Data utama
e.
Informasi
sementara
48.
Bagian akhir
teks ditutup dengan …., yang berisikan pandangan penulis terhadap tokoh.
a.
Orientasi
b.
Reorientasi
c.
Urutan
peristiwa 1
d.
Urutan
peristiwa 2
e.
Urutan
peristiwa 3
49.
“Aku tidak
percaya! Aku tidak percaya, jika hanya oleh melompat lompat dan berkejaran
semalaman penuh. Aku tidak percaya itu. Aku mulai percaya desas desus itu bahwa
kau orang yang tamak. Orang yang kikir. Penghisap. Lintah darat. Inilah
ganjarannya! Al mulai percaya desas desus itu, tentang dukun – dukun yang
mengilui luka sunatan anak – anak kita. Aku mulai yakin itu keren
kesombonganmu, kekikiranmu, angkuhmu, dan aku tak mau tahu dengan mereka. Aku
yakin, mereka menaruh racun di pisau duku – duku itu.
Pendeskripsian watak tokoh “aku” yang digunakan pengarang dalam kutipan cerpen di atas ….
a.
Menguraikan
watak tokoh
b.
Tanggapan
tokoh lain
c.
Dialog
antar tokoh
d.
Melalui
pikiran tokoh
e.
Lingkungan
sekitar tokoh
50.
Alat kohesi
yang baik karena dapat menghindari pengulangan kata yang sama terus menerus
disebut ….
a.
Kata dasar
b.
Kata ulang
c.
Konjungsi
d.
Kata depan
e.
Pengacuan
No comments:
Post a Comment