Masa Pra-Sejarah di Kalimantan Selatan dan Tanah Bumbu Part 8 | History Of Tanah Bumbu , Kalimantan Selatan , Indonesia

Masa Pra-Sejarah di Kalimantan Selatan dan Tanah Bumbu 


Berdasarkan pengamatan bentuk alat dan serpihan yang berhasil dikumpulkan, menurut Bambang Sugiyanto (2011) dapat disimpulkan sementara, bahwa penghuni Ceruk Bangkai belum mempunyai tingkat teknologi pembuatan alat yang baik dan pengenalan bahan batuan yang belum baik, sehingga dalam proses pembuatan peralatan belum dapat dilakukan secara maksimal.14  Selain itu juga ditemukan perhiasan dari kerang (cauri), dengan adanya perhiasan dari kerang di situs Ceruk Bangkai memberikan gambaran bahwa penghuni Ceruk Bangkai sudah mengenal seni keindahan yang diwujudkan dalam bentuk kalung atau gelang dari untaian perhiasan kerang.
            Pada situs Ceruk Bangkai juga ditemukan gerabah atau artefak gerabah (wadah dari tanah liat yang dibakar), tampaknya penghuni Ceruk Bangkai mempunyai kecenderungan banyak menggunakan wadah dalam pemenuhan kebutuhan mereka sehari-hari. Manusia prasejarah yang menghuni Ceruk Bangkai sudah mempunyai keahlian dalam pembuatan gerabah atau dapat dikatakan memiliki keahlian dalam pembuatan peralatan dan teknologi  pembuatan gerabah yang cukup tinggi.
            Hal ini tentunya menunjukkan, bahwa dalam pembakaran wadah tanah liat tersebut tentunya menggunakan perapian, karena membakar gerabah memerlukan api dengan suhu atau derajat panas yang cukup tinggi.  Selain itu keberadaan wadah dari tanah liat bakar ini mengisyaratkan bahwa masyarakat pendukung budaya prasejarah yang pernah tinggal di Ceruk Bangkai, sudah mempunyai kemampuan  dalam  mengolah dan membuat  bahan  makanan  mereka   yang  cukup  tinggi, dengan  demikian terdapat kemungkinan besar mempunyai bentuk makanan yang cair yang memerlukan wadah dalam penyajian atau penyimpanan.15
              Kemungkinan sebagai dugaan dengan adanya peralatan gerabah (wadah dari tanah liat yang dibakar) manusia prasejarah penghuni Ceruk Bangkai telah  melakukan  pertukaran  barang  dengan  kelompok   manusia   prasejarah lainnya di sekitarnya, mengingat saat itu belum mengenal mata uang, maka sistem barter memungkinkan terjadi. Bentuk pertukaran barang (barter) ini juga akan mempengaruhi pada kemajuan teknologi dan kemampuan diantara kelompok-kelompok manusia prasejarah yang melakukannya. Pengetahuan baru baik yang berkaitan dengan teknologi pembuatan barang, peralatan dan teknologi pencarian bahan makanan dan kesenian secara lambat namun pasti telah membuat perubahan yang sangat berarti dalam kehidupan dan kebudayaan saat itu. Dengan adanya kemajuan tersebut, sifat  kemanusiaan manusia prasejarah yang tinggal di dalam Ceruk Bangkai semakin terlihat mendekati kesempurnaan seperti yang kita alami saat ini.16

           Berdasarkan pengamatan dilapangan, Ceruk Bangkai yang ada di kawasan Kecamatan Mantewe merupakan kawasan dari salah satu bukit karst yang terpisah dari rangkaian perbukitan karst yang lain, Secara umum perbukitan karst di wilayah ini, baik yang merupakan rangkaian pegunungan atau perbukitan dan yang berdiri sendiri, berada di wilayah yang sebagai besar merupakan rawa-rawa dan sungai.
          Kondisi ini sangat mendukung pemilihan gua-gua dan ceruk yang ada diperbukitan karst sebagai tempat tinggal  huni bagi manusia  prasejarah. Rawa - rawa dan sungai  selain  menyediakan  air untuk keperluan hidup manusia prasejarah saat itu juga menyediakan bahan makanan alternatif yang  mengandung  gizi yang  cukup tinggi  bagi kelompok manusia prasejarah penghuni gua dan ceruk. Berbai jenis ikan dan udang, serta kerang air tawar yang dapat diambil dan ditangkap.

          Pada Situs Ceruk Bangkai tulang-belulang yang ditemukan merupakan pembuangn sisa-sisa makanan dan sisa pembuatan alat batu, jumlah fragmen tulang yang demikian besar  dan menumpuk menunjukan adanya unsur kesengajaan pembuangan sampah sisa makanan. Sampai berakhirnya penelitian di Ceruk Bangkai belum ditemukan tanda-tanda sisa manusia ataupun tulang belulang manusia terutama penguburan manusia. 

No comments:

Post a Comment

Remedial Matematika Wajib Kelas x dan Matematika Peminatan Kelas XI

Untuk Kelas X (Berkelompok Max 4 Orang) *Buat Video Durasi Minimal 5 Menit berisi Nyanyian/Yel-yel Tentang Rumus Trigonometri: #A...