Kesultanan Banjar dan Kerajaan Tanah Bumbu Part 1


Kesultanan Banjar
dan Kerajaan Tanah Bumbu


A.  Keadaan  Politik,  Perdagangan di Kesultanan Banjar    Hingga Berdirinya Kerajaan Tanah Bumbu
Sebelum secara khusus membicarakan tentang kerajaan Tanah Bumbu terlebih dahulu penting dilihat latar belakang keadaan politik dan perdagangan di wilayah  di Kalimantan Selatan pada Abad ke- 16 dan 17, dimana telah berdiri sebuah kerajaan yang bercorak Islam yang dikenal dengan Kesultanan Banjar, karena dari sinilah nantinya juga terdapat riwayat pendirian Kerajaan Tanah Bumbu dengan kebijakan sultan Banjar yang memperluas wilayah kekuasaannya di Kalimantan Selatan bagian Tenggara.
Sejarah awal  kerajaan Banjar bermula dari tokoh Raden Samudera adalah cikal - bakal penerus kerajaan Daha, Dia adalah cucu Maharaja Sukarama dari Negara Daha yang mengamanati dirinya untuk jadi raja dikemudian hari, Raden Samudera  harus melarikan diri dari kebencian dan ancaman pembunuhan pamannya Pangeran Tumenggung raja terakhir dari dari Negara Daha, dibantu Mangkubumi Arya Taranggana dan dibekali sebuah perahu, jala, pakaian dan makanan Raden Samudera menyamar mendayung perahunya menuju hilir sungai hingga ke Muara Bahan (Marabahan) terus ke arah hilir Sungai Baito bersembunyi di daerah Balandean-Serapat.
Mengenai awal rencana pembentukan kerajaan baru dari kepala kampung-kampung yang ada disekitar muara Barito untuk lepas dari dari Kerajaan Negara Daha dengan peristiwa larinya Raden Samudera diilustrasikan A. Gazali Usman (1989) antara lain :
          
               “Ketika Raden Samudera melarikan diri dan menyembunyikan diri di daerah Muara Barito. Dari Muara Bahan             sebagai Bandar utama Negara Daha, telah terdapat sejumlah kampung di daerah-daerah muara seperti : Balandean,             Sarapat, Muhur, Tamban, Kuwin, Balitung dan Banjarmasih. Kampung Banjarmasih atau kampung Melayu                        merupakan kampung yang khusus, karena dibentuk oleh lima buah sungai, yakni Sungai Pandai, Sungai Sigaling,               Sungai Keramat, Sungai Jagabaya dan Sungai Pangeran adalah anak Sungai Kuwin. Kekhususan kedua dari 
Banjarmasih ini merupakan kampung dari orang Melayu yang pertama dari kampung atau ditengah-tengah kampung oloh Ngaju (orang Ngaju) di daerah Barito Hilir. Marabahan atau Muara Bahan yang merupakan kampung oloh Ngaju, didirikan oleh Datuk Bahendang Bulau, Ketua suku oloh Ngaju yang turun dari Barito. Seperti yang disebut J.J. Ras yang telah mentranskrif Hikayat Banjar, mengapa kampung orang Melayu itu disebut Banjarmasih ?, “Maka bernama Banjarmasih karena nama orang besarnya itu nama Patih Masih itu”.  Patih Masih mengadakan pertemuan dengan Patih Balit, Patih Muhur, Patih Balitung, Patih Kuwin untuk mencari jalan agar jangan terus – menerus menjadi desa. Mereka sepakat mencari Raden Samudera cucu Maharaja Sukarama yang menurut sumber berita sedang bersembunyi di daerah Balandean, Sarapat, karena Pangeran Tumenggung yang sekarang menjadi raja di Negara Daha pamannya sendiri ingin membunuh Raden Samudera”. 1

Sekitar Tahun 1520, penobatan Raden Samudera oleh Patih Masih, Patih Balit, Patih Muhur, Patih Balitung dan Patih Kuwin sebagai raja di Muara Kuin   dengan  gelar  Pangeran  Samudera.  Tanggal  6 September 1526, pertempuran antara Kerajaan Banjar dipimpin Pangeran Samudera dengan Kerajaan Negara Daha dipimpin Pangeran Tumenggung di Sungai Parit Besar, Pangeran Samudra dibantu Kesultanan Demak. Tanggal 24 September 1526 adalah kemenangan Pangeran Samudra dan pembentukan Kesultanan Banjar tingkat awal, dengan memasukkan eks Kerajaan Nagara Daha dan mengangkut penduduknya ke Banjarmasin dan menjadi rakyat kerajaan Banjar, Pangeran Tumenggung diperkenankan memerintah di Batang Alai dengan membawa 1.000 penduduk.
       Tanggal 24 September 1526/6 Zulhijjah 932 H, Pangeran Samudera memeluk agama Islam, di Islamkan oleh Khatib Dayan dari Demak dengan gelar Sultan Suryanullah /Sultan Suriansyah. (1526 – 1545) menjadi Sultan Banjar Pertama memerintah di daerah Banjar.

No comments:

Post a Comment

Remedial Matematika Wajib Kelas x dan Matematika Peminatan Kelas XI

Untuk Kelas X (Berkelompok Max 4 Orang) *Buat Video Durasi Minimal 5 Menit berisi Nyanyian/Yel-yel Tentang Rumus Trigonometri: #A...