Kesultanan Banjar dan Kerajaan Tanah Bumbu Part 2

Kesultanan Banjar  dan Kerajaan Tanah Bumbu Part 2

Tentang pertanyaan kapan Kerajaan Banjar berdiri ? beberapa pakar sejarah Barat membuat interpretasi, misalnya J. Eisenberger menyebutkan tahun berdirinya Banjarmasin tahun 1595, Dalam Encyclodaedie van Nederlands- India menyebutkan tahun 1520, Colenbrander dalam bukunya “Koloniale-Geschiedenis” juga menyebutkan 1520. J.J. Ras menegaskan, bahwa Banjarmasin sebagai keraton ke-3 yang didirikan dengan bantuan Kerajaan Demak, terjadi sebelum abad ke-16.
Pendapat J. Eisenberger bahwa Banjarmasin didirikan tahun 1595, tidak dapat diterima, 2 karena historis tidak mendukung, dengan alasan sebagai berikut : Telaahan Pertama; Apabila kerajaan Islam Demak yang membantu berdirinya kerajaan Banjarmasih, maka tak mungkin tahun berdirinya Banjarmasin 1595, tahun itu  Kerajaan  Demak  sudah  tidak ada lagi. 
H.J. De Graaf  dalam Daldjoeni (1984 : 116) menguraikan runtuhnya kerajaan Demak mengutip isi Serat Kanda, yang artinya “Rusaknya negeri Demak itu setelah Dipati meninggalkan kerajaan berlayar di lautan”. Ini terjadi pada tahun Jawa 1510 atau tahun Masehi 1588. 3  Telaahan Kedua; Menurut Sumber Belanda, bahwa Belanda menyerang Banjarmasin dalam tahun 1612 dan membakar Banjarmasin, mengakibatkan pusat kerajaan dipindah ke Kuliling Benteng, kemudian ke Batang Mangapan dan ke Batang banyu hulu sungai Martapura. Penyerangan itu menurut Hikayat Banjar terjadi pada saat pemerintahan Marhum Penambahan atau  Sultan Musta’in Billah (1595 – 1620)  sultan ke - 4 dari kerajaan Banjarmasin. 
Memang sejak kedatangan bangsa Barat di Nusantara atau zaman Kesultanan Banjar abad ke-16, orang Portugis dan kongsi dagang Belanda V.O.C. telah mengenal para pedagang Banjar, Kerajaan Banjar dan mencoba mendekati sultan-sultan Banjar, misalnya Belanda V.O.C sudah mengenal Banjar sejak 1596, yang menarik Belanda terhadap daerah Banjar adalah hasil ladanya, karena Kerajaan Banjar penghasil lada dan dikumpulkan di Banjarmasin untuk diperdagangkan.Para pedagang pembeli lada baik orang Nusantara maupun orang Barat. Terkait dengan berita pembakaran keraton Banjarmasin (Banjar lama di keraton Kuin) 1612 diatas, boleh dilihat dengan  kedatangan orang Belanda yang pertamakali 14 Februari 1606 dibawah Koopman Gilles  Michaelszoon yang ternyata kemudian terbunuh di Banjarmasin. Juga kedatangan orang Belanda ke Sambas tahun 1610 juga terbunuh, berarti jika dalam tahun 1612 Belanda V.O.C menembaki keraton lama di Kuin sangat rasional, sebagai pembalasan terhadap kerajaan Banjar, Keraton Banjarmasih terbakar sehingga keraton Sultan dan pusat pemerintahan berpindah ke daerah Kayu Tangi - Karang Intan.
Sebelumnya antara tahun 1545-1570, masa pemerintahan Sultan Rahmatullah (Raja II) yang berkdudukan di Banjarmasin. Tahun 1570-1695, masa pemerintahan Sultan Hidayatullah (Raja III) di Banjarmasin. Antara tahun 1595-1620, masa pemerintahan Marhum Panembahan dengan gelar Sultan Musta'inbillah (Raja IV) di Banjarmasin memang sudah mulai ramai perdagangan lada sebagai komoditi ekspor Kesultanan Banjar. Kejadian pembunuhan utusan V.O.C. Belanda tersebut adalah pembalasan orang Banjar dengan kejadian sebelumnya pada tahun 1596, VOC Belanda merampas 2 perahu lada dari Banjarmasin yang berdagang di Kesultanan Banten.
 Hal  ini juga ditegaskan Marwati Djoened, et.al (1984), bahwa orang Belanda yang pertama kali datang di Banjarmasin pada tahun 1606 adalah Gilles Michielzoon yang ternyata kemudian terbunuh di Banjarmasin. Juga orang Belanda yang datang ke Sambas pada tahun 1610 terbunuh. Alasan pembunuhan terhadap mereka ialah karena kompeni mengirim 4 kapal untuk merusak kota Banjarmasin. Untuk beberapa waktu lamanya Belanda tidak datang ke Banjarmasin dan baru tahun 1626 mereka muncul kembali untuk mencari lada.4 Dalam Tahun 1612, Belanda menembak hancur keraton dan Istana Sultan Banjar di Kuin, sehingga ibukota kerajaan dipindahkan dari Banjarmasin ke Kayu Tangi (Martapura). 

No comments:

Post a Comment

Remedial Matematika Wajib Kelas x dan Matematika Peminatan Kelas XI

Untuk Kelas X (Berkelompok Max 4 Orang) *Buat Video Durasi Minimal 5 Menit berisi Nyanyian/Yel-yel Tentang Rumus Trigonometri: #A...